Computer Mediated Communication (CMC)

Apa itu CMC? Computer Mediated Communication (CMC) adalah didefinisikan sebagai komunikasi antar manusia yang terjadi melalui penggunaan dua atau lebih perangkat elektronik. Sementara istilah tradisi dirujuk komunikasi itu yang terjadi melalui komputer-dimediasi format (misalnya, pesan instan, email, chat room, online forum, layanan jaringan sosial), itu juga telah diterapkan untuk bentuk-bentuk berbasis teks interaksi seperti pesan teks . Penelitian CMC berfokus terutama pada dampak sosial teknologi komunikasi komputer-didukung berbeda. Banyak penelitian melibatkan Internet berbasis jaringan sosial didukung oleh perangkat lunak sosial.

 

Dengan ini dapat kita diketahui, bahwa yang diperlukan partisipan CMC dalam menjalankan komunikasi dengan komunikannya harus melibatkan dua komponen, yaitu komputer dan jaringan internet. Sebenarnya, bukan hanya komputer dan jaringan internet saja, namun dalam komputer tersebut harus terdapat program atau aplikasi tertentu yang memungkinkan komunikator untuk berinteraksi dengan komunikannya. Sebut saja media – media sosial yang berkembang seperti Instant Messenger. Sebut saja Yahoo Messenger, MSN Messenger, Google Talk Messenger, ICQ, dan lain sebagainya. Hal ini membuat CMC semakin mempunyai pengaruh besar dalam membentuk komunikasi yang efektif di dunia internet. Fenomena-fenomena lain di dalam CMC juga terjadi setelah terdapat teknologi 3G, Mobile Phone, Smart Phone, Personal Digital Assistant, dll.

 

Ada 3 subab mengenai karakteristik dalam Computer Mediated Communication (CMC) yaitu :

  • Highly Interactive Communication

Yang pertama dari karakteristik ini adalah kemampuan mendukung proses kompleks dari interaksi antara para peserta.

  • Multi-Way Communication

Aspek lain dari proses komunikasi adalah bahwa hal ini pada dasarnya multiway komunikasi.

  1. Synchronous or Asynchronous Communication

Step terakhir yaitu komunikasi online tidak langsung atau Asynchronous adalah mediasi computer dan layanan dari dalam terlaksanakannya komunikasi yang di lakukan secara tunda,dengan menggunakan media seperti e-mail, forum, dan membaca dan menulis dokumen online melalui World Wide Web (WWW).

 

Leave a comment